Senin, 03 Juni 2019

               

KONGHUCU

Ajaran konghucu atau konfusianisme menekan pada penegakan kode etik, kebajikan dan inta kasih. Khonghucu menyatakan bahwa seorang Junzi (susilawan) harus memuliakan tiga hal yakni, memulikan firman tian (tuhan yang maha esa ), memuliakan orang-orang besar , dan memuliakan sabda para nabi. Ajaran khonghucu memandang bahwa segala system didunia ini dibangun di atas dasar moral, jika mastarakat dan Negara rusak moralnya, maka begitu pula tatanan alam menjadi terganggu ,bahaya peperangan , banjir , gempa , kemarau panjang , penyakit merajalela , dan lain sebagainya . pada intinya bukan system yang membuat manusia itu hebat , melainkan manusia yang membuat system menjadi hebat.
Sejarah agama konghuchu
Agama khonghcu, tepatnya disebut Ru Jiao sudah ada sejak 200 tahu sebelum nabi khong hu chu lahir. Nabi kong hu chu lahir pada tahun 551 SM. Beliau ditugaskan oleh tuhan untuk menata kembali upacara agama Ru Jiao dan mengajarkan pada raja dan rakyat tiongkok mengenai moral dan spiritual agar kehidupan masyarakat menjadi lebih damai. Nabi mendirikan sekolah yang didirikan oleh dua tokoh besar yakni Meng Zi atau Mencius ( 371-289 SM ) dan Xun Zi ( 326-233 SM ) kedua tokoh ini memang mengajarkan satu aliran yang sama, namun terdapat perbedaan dikarenakan hidup dalam situasi tiongkok yang berbeda.
       Kehadiran agama khonghucu di Indonesia telah berlangsung berabad-abad lamanya, klenteng Ban Hing Kiong di manado didirikan pada tahun 1819. Di Surabaya didirikan tempat ibadah Agama Khong Hu Chu yang disebut Boen Tjhiang Soe pada mulanya kemidian dipugar ( diganti ) kembali menjadi Boen  Bio pada tahun 1906. Di Sala didirikan Khong Kauw Hwee sebagai lembaga agama Khonghuchu pada tahun 1918. Kongres pertama Khonghuchu  pada tahun 1923.




Nabi-nabi yang menerima wahyu :
Nabi purba FU Xi
Hidup sekitar 2952-2836 SM. Beliau menerima wahyu tuhan He Tu ( peta sungai ) yang tergambar di punggung seekor hewan gaib long ma,  yang keluar dari dalam sungai huang ho. Lambang wahyu tersebut kini dikenal sebagai lambing bagua. Nabi nu wa ( istri fu xi ) menciptakan hukum pernikahan.

Nabi purba SHEN NONG
Hidup sekitar 2838-2696 SM
Nabi purba HUANG DI
Sekitar 2696-2596 SM istri dari nabi Lei Zu adalah penemu sutra dan alat tenun, pakaian hian ik ( pakaian harian ) dan hong siang ( pakaian upacara ).
Nabi purba YAO 2357-2255 SM
Pada zamannya dilakukan penyempurnaan perhitungan kalender dengan menambah bulan kabisat imlek, sehingga setiap tanggal 15 selalu jatuh tepat ketika bulan sedang bulat penuh.
Nabi purba SHUN 2255-2205 SM


Zaman Dinasti Xia
Nabi purba DA YU 2205-2197 SM
Sewaktu berada di tepi sungai luohe, dalam rangka tugasnya sebagai pengawas penanggulangan banjir, YU melihat seekor kura-kura gaib muncul dari dalam air. Guratan-guratan di punggung kura-kura itu menyadarkan dirinya akan wahyu ilahi yang kemudian dinamakan luo shu ( kitab sungai luohe ) yang menjadi cikal bakal houtian bagua. Pada pemerintahaannya versi pertama dari filsafah peruahan yang disebut lian shan yi ( rangkaian gunung ) dan Hong Fan
Nabi  Purba SHANG TANG
Memerintah tahun 1675-1646 SM

Nabi Wen Wang
Menerima wahyu ilahi Dan Shu sehingga ia menemukan lambang houtian bagua dan mengembangkan lebih jauh falsafah perubahan.
Nabi Jiang Ziya


Zaman Dinasti Zhou
Nabi  Wu Wang
Ia merupakan raja pertama dinasti Zhou. Pada tahun ke-13 pemerintahannya, Wu Wang menerima persembahan kitab Hong Fan dari Jizi, bekas mentri Dinasti Shang, yang menyatakan bahwa kitab kuno tersebut merupakan warisan dari zaman kaisar Yu yang disimpan olehnya.
 Nabi Zhou Gong
Putra keempat Wen Wang. Ia melanjutkan karya ayahnya membenahi falsafah perubahan dengan menambahkan bagian-bagian baru ( seperti komentar Xiang ) sehingga versi ketiga ini dikenal sebagai Zhou Yi ( falsafah perubahan Dinasti Zhou ).



Kitab suci agama konghuchu beserta turunannya :
Kitab suci agama khonghuchu dibagi menjadi dua kelompok :
 Wujing Five Classics (The five books of old testement) terdiri atas :
詩經 Shijing (Kitab Sanjak), yang berisi nyanyian religi, puji-pujian akan keagungan Tian dan nyanyian untuk upacara di istana,
書經 Shujing (Kitab Dokumentasi Sejarah Suci), yang berisi sejarah suci Agama Konghucu,
易經 Yijing, berisi tentang penjadian alam semesta, sehingga mereka yang menghayati Kitab ini akan mampu menyibak takbir kuasa Tian dengan segala aspeknya,
禮經 Lijing (Kitab Kesusilaan), yang berisi aturan dan pokok-pokok kesusilaan dan peribadahan, serta
春秋經 Chunqiujing.Pokok-pokok ajaran dan sabda-sabda Nabi Kongzi sendiri, kemudian dihimpun oleh murid-muridnya dalam sebuah Kitab Suci yang disebut Si Shu (Kitab Suci Yang Empat)
Si Shu (Kitab Suci Yang Empat) terdiri atas :
大學 Daxue (Ajaran Agung/Besar) yang berisi bimbingan dan ajaran pembinaan diri, keluarga, masyarakat, negara dan dunia. Daxue ditulis oleh Zengzi atau Zengshen, murid Kongzi dari angkatan muda,
中庸 Zhongyong ( Tengah Sempurna) yang berisi ajaran keimanan Agama Konghucu. Zhongyong ditulis oleh Zisi atau Kongji, cucu Kongzi,
論語 Lunyu (Sabda Suci) yang berisi percakapan Kongzi dengan murid-muridnya. Kitab ini dibukukan oleh beberapa murid utama Kongzi, yang waktu itu berjumlah 3.000 murid, dimana 72 orang diantaranya tergolong murid utama, dan
孟子 Kitab Mengzi yang ditulis Mengzi.







Hari Besar Agama Konghuchu

Pada tanggal 24 bulan 12 imlek adalah hari raya imlek yang memiliki arti malaikat dapur naik ke langit
Pada tanggal 29 bulan 12 imlek adalah hari raya sembahyang kepada arwah leluhur
Tahun baru imlek tanggal 1 bulan 1 imlek adalah hari raya penanggalan yang di pakai oleh agama konghucu untuk mengatur persembahyangan yang di buat oleh nabi konghucu . nabi konghucu mengambil sumbernya dari penanggalan dinasti sia (2200 SM )  yang sudah di tata kembali oleh nabi konghucu . tahun zaman nabi konghucu tahun baru jatuh pada 22 desember .4 februari pergantian musim dingin ke musim semi ,jadi imlek bukan perayaan musim semi.perkiraan tanggal 1 imlek rentang waktunya 15 hari kedepan dan 15 hari kebelakang dari 4 februari tersebut. Tiap 4 atau 5 tahun sekali ada bulan ke 13, untuk menggenapi agar perhitungan tersebut tidak berubah. Pada hari tahun baru tersebut orang lebih muda memberikan salam kepada yang lebih tua
Sembahyang kepada tuhan yang maha easa pada tanggal 8 bulan 1 imlek
Cap go meh tanggal 15 1 imlek upacara sembahyang kepada tuhan untuk mengucapkan terimakasi dan memulai kehidupan baru
Cing bing .pada 5 april bulan 3 imlek membersihkan makam , menata makam yang rusak
Twang yang pada tanggal 5 bulan 5 imlek , matahari , bulan , dan bumi , posisinya membentuk 90 derajat.  Sebagai hari yang di pandang mempunyai daya alam yang luar biasa . dibarengi dengan upacara kematian Kut Gwan ( perdana mentri negeri chu yang di bunuh diri pada zaman Chan Kuo 300 SM )
Hari sembahyang rebutan / sembahyang arwah umum  ( tanggal 15 bulan 7 imlek ) upacara yang ditunjukan kepada arwah yang tidak di sembahyangi oleh keluarganya pada tanggal 29 bulan 12 imlek dan 5 april . bulan 7 menurut penanggalan imlek dianggap bulan tidak baik karena Im dan Yang saling menjauhi. Pada bulan itu banyak roh-roh yang bergentayangan karena tidak disembahyangi oleh keluarganya
Sembahyang Tiong Jiu pada tanggal15 bulan 8 imlek, sembahyang terhadap tuhan karena berkah yang di berikan kepada manusia.panen disimpan untuk persediaan musim dingin dan musim berikutnya
Hari Tancik / sembahyang ronde pada tanggal 22 desember , sembahyang puncak musim dingin. Yntuk agama konghucu juga disebut dengan hari genta rohani . pada hari itu nabi konghucu mulai melakukan perjalanan mengajarkan ajaran agamanya selama 14 tahun . setelah pulang nabi kongcu kemudian mendirikan sekolah. Catatan penanggalan imlek baru di pakai resmi setelah dinasti Han (abad 2 SM)


Nama Tempat Ibadah Agama Konghucu

kong Miao
pada umumnya di dalam kong miao hanya terdapat Kim sin Nabi Kong Zi sedangkan altar dewa-dewi terpisah dari bangunan utama. Di dalamnya terdapat banyak tulisan (sienci / papan penghormatan Nabi Kongfuzi atau Konghucu atau nama yang lebih umum Kongzi ) dan juga para muridnya yang terkenal.

Litang
Litang adalah nama tempat ibadah agama konghucu yang paling banyak terdapat di Indonesia. Saat ini sudah ada lebih dari 250 litang . ciri tempat ibadah ini adalah selain altarnya yang berisi Kim Sin Nabi Kongzi/konghucu juga biasanya terdapat lambing mu duo atau bok tok (dalam dialek Hokian) yaitu berupa gambar genta dengan tulisan huruf “Zhong shu”atau Tiong Sie “merupakan inti dari ajaran konghucu .

Kelenteng
Kelenteng biasanya bergaya arsitektur khas Tiongkok misalnya terdapat ukiran Naga atau Liong pada bagian atas atap atau tiang/pilar nya , ada lukisan qilin –bintang yang di anggap suci , bentuknya seperti rusa kulitnya bersisik warna hijau keemasan , bertanduk tunggal.




Tempat bersejarah agama konghucu

Kuil, istana,hutan konghucu bukan hanya merupakan warisan budaya yang isinya melimpah dan terkenal di dunia , tapi juga banyak memiliki warisan alam yang sangat berharga , misalnya di ketiga tempat itu terpelihara 17ribu batang pohon kuno yang tidak hanya menyaksikan sejarah perkembangan , tapi juga merupakan bahan berharga untuk meneliti ilmu iklim dan ilmu ekosistem zaman kuno .

KUIL

Konghuu sebagai pendiri aliran ilmu RU zaman kuno Tiongkok adalah salah seorang filsuf yang paling besar didunia. Kuil untuk memperingati konghucu serta kediaman dan makam kong hong chu disebut dengan “kuil,istana dan makam konghucu” atau disingkat menjadi “tiga kong” . letaknya di kota Qufu Profinsi Shandong Tiongkok Timur, yaitu kampung halaman konghucu.
Kuil konghucu yang dijuluki sebagai “kuil nomor 1” Tiongkok merupakan tempat suci untuk menyembah konghucu. Pada tahun 478 sebelum masehi yaitu tahun kedua setelah wafatnya konghuhu , raja Negara Lu memerintahkan agar bekas rumahnya diubah menjadi kuil , dimana diadakan kegiatan persembahyangan. Pada permulaan , kuil itu hanya berkamar tiga ,tapi kemudian seiring berkembangnya secara berangsur-angsur kebudayaan aliran Ru yang didirikan oleh konghucu menjadi kebudayaan dominan di tiongkok , kaisar dari berbagai zaman dinasti terus memperluas kuil konghucu sehingga kuil itu menjadi satu kelompok bangunan yang berskala membesar . pada awal abad ke 18 , kaisar dinasti Qing , dinasti terakhir dalam sejarah Tiongkok memerintahkan pembangunan kembali kuil konghucu dan memperluas kuil konghucu sehingga menapai skala yang kita lihat saat ini .
kuil konghucu panjangnya dari selatan ke utara mencapai 1000 meter lebih dengan luasnya hamper 100 meter persegi dan ruangannya berjumlah 500 buah. Dengan skla itu kuil  kong menjadi kelompok bangunan zaman  kuno yang skalanya hanya kalah dibandingkan dengan istana kuno Beijing dan patut disebut sebagai teladan bangunan kuil berskala besar zaman kuno tiongkok.
Bangunan keseluruhan kuil kong menunjukan standar bangunan yang paling tinggi zaman kuno yaitu konstelasi bangunannya sama dengan istana kaisar . banunan utama kompleks bangunan kuil kong terletak di garis tengah yang melintang dari selatan ke utara . bangunan pelengkapnya berdiri berderet di kedua sisi bangunan utama di tengah sehingga kompleks bangunan kelihatannya simetris, ketat dan rapi . kuil kong mempunyai 9 lapisan ruang , 9 buah perangan dan balairung utamanya yaitu Balairung Dacheng terdiri dari 9 balairung kecil.

 
ISTANA

Istana konghucu bertetangga dengan kuil kong dan merupakan kediaman generasi turun temurun konghucu, juga merupakan kediaman paling besar setelah istana kaisar pada zaman dinasti Ming dan dinasti Qing dua dinasti terakhir tiongkok.
Istana konghucu mulai di bangun pada zaman dinasti Song dan Jin antara abad ke-12 dan ke-13 masehi dan adalah taman tuan tanah feudal yang sangat tipikal. Luasnya hamper 50 ribu meter persegi dengan ruangnya mencapai 500 buah . konfigurasi istana kong juga sangat unik , yaitu bagian depan istana kong adalah tempat untuk penanganan urusan umum , sedangkan bagian dalamnya adalah tempat kehidupan sehari-hari.

HUTAN KONGHUCU

Hutan konghucu adalah makam khusus bagi keluarga konghucu dan juga merupakan makam keluarga yang bersejarah paling lama dan paling luas arealnya di dunia . hutan konghucu yang luasnya 2 kilometer persegi sudah bersejarah 2500 tahun dengan makam anggota keluarga kong mencapai 100 ribu buah lebih . hutan konghucu memainkan peran taktergantikan bagi penelitian politik , ekonomi , kebudayaan dan perkembangan adat istiadat pemakaman zaman kuno tiongkok.




LEMBAGA AGAMA KHONGHUCU

Majelis Tinggi Agama khonghucu  Indonesia
Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia ( disingkat dengan MATAKIN) adalah sebuah organisasi yang mengatur perkembangan agama Khonghucu di Indonesia . organisasi ini didirikan pada tahun 1955.
Keberadaan umat neragama Khonghucu beserta lembaga-lembaga keagamaannya di Nusantara atas Indonesia ini sudah ada sejak berabad abad yang lalu, bersamaan dengan kedatangan perantau atau pedagang-pedagang Tionghoa ke tanah air kita. Mengingat sejak zaman Sam Kok yang berlangsung sekitar abad ke-3 masehi, Agama Khonghucu telah menjadi salah satu di antara tiga agama besar di china waktu itu , lebih-lebih sejak zaman dinasti Han , atau tepatnya tahun 136 sebelum masehi telah dijadikan agama Negara.
Wen Miao-surabaya kehadiran agama khonghucu di Indonesia telah berlangsung berabad-abad lamanya, kelenteng Ban Hing Kiong di Manado didirikan pada tahun 1819. Di Surabaya didirikan tempat ibadah khonghucu yang disebut mula-mula. Boen Tjhiang Soe , kemudian dipugar kembali dan disebut sebagai Boen Bio pada tahun 1906. Sampai dengan sekarang Boen Bio yang terletak di jalan kapasan 131 surabaya masih terpelihara dengan baik dibawah asuhan Majelis Agama Khonghucu (MAKIN) “Boen Bio”Surabaya .
Di sala didirikan Khong Kauw Hwee sebagai lembaga agama khonghucu pada tahun 1918. Pada tahun  1923 telah diadakan kongres pertama Khong Kuaw Tjong Hwee (lembaga pusat agama khonghucu) DI Yogyakarta dengan kesepakatan memilih kota Bandung diadakan kongres kedua yang antara lain membahas tentang tata agama khonghucu supaya seragam diseluruh kepulauan nusantara.



Berdirinya lembaga-lembaga agama Khonghucu di Indonesia
1918 diresmikan Khong Kauw Hwee (Kong Jiao Hui 孔教會) di kota Surakarta, menyusul pula kota-kota lainnya.
Tahun 1920an Kong Jiao Hui 孔教會 Surabaya menerbitkan majalah Djiep Tek Tjie Boen (Ru De Zhi Men 入德之門).
1923 mulai dilakukan musyawarah untuk membentuk badan pusat yang dinamakan Khong Kauw Tjong Hwee (Kong Jiao Zong Hui 孔教總會) di Yogyakarta. Bandung dipilih sebagai kedudukan pusat organisasi dan Poei Kok Gwan terpilih sebagai ketua umum. Keputusan ini didukung oleh Khong Kauw Hwee dari kota Surabaya, Sumenep, Kediri, Surakarta, Semarang, Blora, Purbolinggo, Cicalengka, Wonogiri, Yogyakarta, Kartasura, dan Pekalongan. Pada tahun itu pula, diterbitkan majalah Khong Kauw Gwat Po (Kong Jiao Yue Bao 孔教月報).
23 September 1924 diadakan Kongres di Bandung yang tujuan utamanya membahas lebih lanjut penyeragaman tata ibadah di seluruh tanah air.
23 November 1938 diadakan konferensi di Surakarta dan kedudukan pusat dialihkan ke kota Surakarta, dengan ketua umum Tio Tjien Ik, sekretaris Auw Ing Kiong dan diterbitkan majalah bulanan Bok Tok Gwat Po (Mu Duo Yue Bao 木鐸月報).
23 Agustus 1939 diadakan perayaan Tahun Baru Imlek bersama di Surakarta.
23 April 1940 diadakan konferensi Kong Jiao Zong Hui 孔教總會 di Surabaya yang hasil antara lain :
Konferensi tahun 1941 akan diselenggarakan di Cirebon. Semua sekolah Khong Kauw Hwee diberi pelajaran agama Khonghucu. Upacara pernikahan dan kematian supaya diselidiki dan disesuaikan dengan keadaan zaman, tapi tetap berpatokan pada nilai-nilai Ru Jiao.
Pada tahun 1942, karena imbas perang dunia II dan masuknya bala tentara Jepang ke Indonesia, Khong Kauw Tjong Hwee yang dianggap anti-Jepang dibekukan.
Masa Penjajahan Jepang (1942-1945). Pada masa itu, Litang (tempat ibadah umat Khonghucu) banyak menampung pengungsi tanpa memandang ras. Hal ini sesuai dengan prinsip “Di Empat Penjuru Samudera Semua Umat Bersaudara” (四海之內,皆兄弟也 - Si Hai Zhi Nei, Jie Xiong Di Ye). Lun Yu 12:5.
Masa Kemerdekaan - Pada awal-awal kemerdekaan NKRI, kegiatan Khong Kauw Hwee lebih banyak bersifat lokal. Pada bulan Desember 1953, di Solo, diselenggarakan konferensi tokoh-tokoh agama Khonghucu untuk persiapan membangun kembali Khong Kauw Tjong Hwee.
Pada tgl 23 Agustus 1955 dibentuk PKCHI (Perserikatan Khung Chiao Hui Indonesia / Perserikatan Kong Jiao Hui Indonesia) sebagai penjelmaan kembali Khong Kauw Tjong Hwee dengan kedudukan pusat di Solo dengan Ketua umum: Dr. Kwik Tjie Tiok. Sekretaris: Oei Kok Dhan













Kontribusi pengobatan agama khonghuchu
Akupunktur .
Salah satu praktek pengobatan cina yang bernama akupunktur, telah ada selama ribuan tahun. Praktisi akupuntur akan melihat dimana Qi dalam tubuhmu yang stagnan (biasanya ditandai dengan rasa sakit) dan memasukkan jarum kecil tipis untuk menstimulasi Qi di jalur meridian tubuh itu, memperbaiki ketidakseimbangan energi, memperbaiki aliran Qi dan menstimulasi aliran darah di sekitar area yang terkena efek.
Stimulasi titik akupunktur bisa meningkatkan sirkulasi, mengurangi peradangan, memicu obat penghilang rasa sakit alami tubuh dan menstimulasi respons penyembuhan alami tubuh. Memang, beberapa penelitian telah membuktikan akupunktur bisa membantu memfasilitasi penyembuhan untuk kondisi mulai dari nyeri kronis hingga mengurangi rasa sakit dan mual pada pasien kanker.

Bekam
physiologicnyc.com
Bagi beberapa orang, bekam sudah tidak lagi terdengar asing bahkan suka melakukannya sendiri di rumah sebagai pengganti kerokan.  Bekam menggunakan gelas atau gelas plastik pada kulit untuk menciptakan vakum dan menarik darah ke permukaan kulit.
Rasanya seperti dipijat, tetapi meninggalkan serangkaian memar melingkar yang bisa berlangsung lama. Berguna untuk penatalaksanaan nyeri, gangguan pernafasan, dan peningkatan sirkulasi, bekam dianggap mempercepat proses detoksifikasi, membuang apa yang tidak dibutuhkan tubuh, dan mengurangi pembengkakan serta peradangan.
3. Moksibusi
livestrong.net
Moksibusi melibatkan ramuan yang disebut mugwort dan dibakar di atas titik-titik akupunktur tertentu. Dalam pengobatan tradisional cina, panas dari ramuan ini dianggap ampuh untuk menyehatkan dan memperkuat qi, mendukung aliran serta sirkulasi yang tepat, mengurangi rasa sakit, meningkatkan fungsi organ dan mempercepat penyembuhan.
4. Gua Sha
squarespace.com
Gua Sha adalah teknik di mana kulit ditekan atau digesek dengan objek untuk membuat "sha," sebuah 'petechiae' sementara (warna merah/keunguan mirip dengan memar) yang berasal dari pergerakan sel darah dari kapiler ke jaringan di sekitarnya. Yap, ini yang biasa kita kenal sebagai kerokan.
Karena pembuluh darah yang lemah dipecah, itu mengarah pada proses yang disebut angiogenesis, pembentukan dan penciptaan pembuluh darah yang lebih kuat. Ini memungkinkan perfusi oksigen yang lebih besar ke area yang terkena, lebih banyak nutrisi ke jaringan dan perasaan relaksasi, serta meredakan nyeri.
5. Auriculotherapy
healthnhealth.org
Titik-titik tertentu pada bagian luar telinga berhubungan langsung dengan berbagai organ dan wilayah tubuh. Latihan, yang disebut auriculotherapy, melibatkan penggunaan teknik akupresur atau akupunktur di bagian-bagian telinga untuk "mengaktifkan" titik-titik tertentu yang dianggap membawa bantuan untuk berbagai masalah kesehatan. Stimulasi dari titik aurikularis dapat dicapai melalui tekanan dengan jari-jari, tekanan dengan pelet metalik, magnet kecil atau biji yang ditempelkan ke titik-titik atau melalui penyisipan jarum akupunktur.
6. Obat Tradisional
pexels.com/freestocks.org
Banyak obat tradisional cina yang sangat manjur tapi terkadang rasanya sangat tidak enak karena agak asing bagi kita. Misalnya, hai piao xiao (tulang sotong) digunakan untuk menenangkan refluks asam karena kalsium karbonatnya yang mampu menurunkan asam lambung.
Chan tui (jangkrik) digunakan untuk menenangkan tenggorokan yang terganggu dan banyak kondisi kulit lainnya karena adanya kandungan chitin, yang antimikroba dan anti-inflamasi. Namun, selalu hati-hati sebelum mengkonsumsi ramuan apa pun karena ramuan itu harus dibuat oleh profesional agar bisa dikonsumsi dengan aman.
7. Qi Gong
radiichina.com
Pada dasarnya, qi gong memadukan "qi" (energi sumber kehidupan) dengan "gong" (yang berarti keterampilan melalui latihan). Lebih praktisnya, ini adalah perpaduan antara latihan dan meditasi menggunakan postur, gerakan, teknik pernapasan, pijat diri, suara, dan fokus. Para peneliti menemukan bahwa qi gong membantu menurunkan tekanan darah dan bahkan lebih efektif ketika dikombinasikan dengan obat anti-hipertensi (bila dibandingkan dengan minum obat anti-hipertensi saja).



Keunggulan agama konghucu

 Keunggulan agama khonghucu :

Tidak seperti agama yang lain yang bersifat agresif dalam usaha mendapatkan banyak pemeluk , agama khonghucu lebih lebih menekan pada sikap membina diri sendiri(dan menghindari menuntut orang lain). Karena itulah perkembangan agama khonghucu (terutama perihal penyebaran ajaran maupun perkembangan jumlah penganutnya) Agak sulit dilacak dengan pasti. Dalam agama lain seperti islam, Kristen budha dan lain-lain yang umatnya gampang dikenali hanya dengan suatu sumpah masuk agama misalnya pembabtisan diagama Kristen dan pembacaan kalimat syahdat  dalam agama islam ,maka seorang penganut agama khonghucu tulen sangat sulit untuk dikenali karena “ KEKHONGHUCUAN” mereka diukur dalam perbuatan dan tingkah laku mereka sepanjang hidupnya. Karena itulah seorang penganut agama khonghucu semasa hidupnya tidak berani menyebut dirinya sebagai penganut agama khonghucu karena hal ini akan dinilai sendiri oleh generasi-generasi sesudahnya. Ajaran agama khonghucu diwariskan dari generasi melalui bimbingan keluarga dimana seorang ayah akan memberikan teladan perbuatan kepada anaknya dan begitu seterusnya sang anakl mewariskan kepada cucunya.agama khonghucu mengandung nilai-nilai universal dalam ajaran agama khonghucu yang bahkan mengilhami banyak cendekiawan eropa untuk mengadakan pembaharuan di eropa sendiri .

kelemahan agama khonghucu :

melalui ajaran dari nabi kong zi ini hanya mengajarkan pada umatnya mengenai keduniawian saja tidak mengenai setelah kematian .maka dari itu pihak-pihak lain akan lebih mudah menjegal khonghucusebagai agama yang di akui di Indonesia dan masih rawan dijadikan bahan pembicaraan yang negative oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. 







Daftar pustaka :
https://id.m.wikipedia.org/wiki/MajelisTinggiAgamaKonghucuIndonesia
https://id.m.wikipedia.org/wiki/AgamaKonghucu
https://www.idntimes.com/health/fitness/ribka-eleazar/kumpulan-praktik-pengobatan-tradisional-china-yang-ampuh/full
http://map-bms.m.wikipedia.org/wiki/MajelisTinggiAgamaKhonghucuIndonesia
http://indonesia.cri.cn/441/2011/08/19/1s120715.htm


Tidak ada komentar:

Posting Komentar